kayu secangKayu Secang ManfaatManfaat Kayu SecangSecangWedang SecangWedang Secang

13 Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

Secang yang memiliki nama latin Caesalpinia sappan dan termasuk tanaman pohon yang berduri dengan daun kecil. Tanaman ini tumbuh subur di Indonesia dan telah lama digunakan sebagai bahan pembuat minuman tradisional. Pada umumnya penggunaanya yang sering dipakai ialah kulit dan kayu secang.

Selain kayu secang memiliki rasa asam yang segar, dengan tekstur warna berwarna merah segar. Bagi masyarakat Indonesia manfaat air secang yang utama memang sebagai pewarna alami untuk makanan maupun minuman tradisional. Kayu secang sering dimanfaatkan dalam pembuatan minuman wedang secang, wedang jahe, wedang ronde dan bir pletok.

Pohon Kayu Secang

Pohon Kayu Secang

Kandungan Yang Terdapat Didalam Kayu Secang

Jangan heran apabila Anda menemukan beberapa manfaat kayu secang yang banyak. Adanya manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan, tentunya sangat terkait dengab beberapa zat kimia penting yang terkandung oleh kayu secang.

Kayu secang mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh, di antaranya adalah brasilein, brazilin, flavonoid, alkaloid, saponin, kardenolin,  tanin, terpenoid, antrakinon dan fenil propana.

Selain itu, kayu secang juga mengandung asam galat, oscimene, delta-a phellandrene, resorsin, resin dan minyak atsiri yang ada di dalam kayu secang. Kayu secang pun memiliki kandungan zat yang khas sesuai namanya, yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P.

Wedang Secang

Wedang Secang

Manfaat Kayu Secang

Rupanya, selain memiliki rasa menyegarkan minuman secang ini juga kaya akan khasiat. Kandungan unsur anti oksidan di dalam secang cukup banyak dan bervariasi. Ini menjadikan khasiat secang juga semakin lengkap. Dan apa saja manfaat secang yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan imunitas tubuh
  2. Mengobati masalah diare
  3. Melancarkan sistem peredaran darah
  4. Meredakan Pegal-Pegal
  5. Mengobati kanker dan tumor
  6. Mengatasi penyakit diabetes
  7. Mengobati penyakit asam urat atau gout
  8. Mencegah kerusakan hati
  9. Dapat berfungsi sebagai anti alergi

 

10. Mengatasi jerawat

Rutin mencuci wajah dengan air kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Ini lantaran senyawa brazilein pada ekstrak kayu secang memiliki sifat dapat melawan Propionibacterium acnes yang dapat menyebabkan jerawat dan peradangan kelopak mata.

 

11. Memiliki sifat anti bakteri yang kuat

Kayu secang mengandung metanol yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap metisilin yang merupakan penyebab infeksi pada kulit dan sendi serta bersifat racun dalam makanan.

 

12. Baik untuk Lambung

Dalam teknik pengobatan ayurveda, secang atau pathimugham dianggap juga efektif untuk mengobati keluhan pada lambung. Termasuk diantaranya  keluhan gasthritis, acid reflux dan infeksi karena infeksi bakteri pencernaan Helicobacter pylori.

Secang memiliki kemampuan untuk membantu mengendalikan produksi asam lambung berlebih. Dan membantu proses relaksasi otot pada area eksofagus sehingga rasa begah dapat dikendalikan. Secang yang diolah bersama rempah dan herbal lain dapat pula membantu meredakan rasa kembung.

 

13. Mencegah penyakit jantung koroner

Air rebusan kayu secang juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa brazilein, yaitu pigmen merah pada kayu secang memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung.