Temulawak Bubuk

Temulawak sudah tidak asing lagi bagi kita khususnya dikalangan penggemar jamu. Temulawak sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai bahan olahan yang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Berlimpahnya rempah-rempah ini membuat terciptanya berbagai macam olahan berbahan dasar dari temulawak. Seperti yang kita ketahui banyak olahan temulawak yang beraneka ragam digunakan sebagai minuman, bahan industry kesehatan, jamu dan olahan temulawak bubuk dll. Banyak juga yang menggunakan temulawak, baik temulawak asli maupun temulawak cream, sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka. Walaupun memang penggunaan temulawak bisa langsung digunakan dalam dosis besar, tetapi dalam beberapa kasus temulawak bisa membuat perut menjadi sakit.

Temulawak Bubuk

Temulawak Bubuk

Mengenal temulawak atau Bahasa latinya Curcuma xanthorrhiza adalah tumbuhan obat yang berasal dari nusantara Indonesia khususnya pulau jawa, Temulawak juga tersebar keberbagai negara seperti Malaysia, Thailand, filipina dan Kawasan Asia tenggara dan beberapa negara Kawasan Eropa.

Temulawak Bubuk

Nama penyebutan di derah pulau jawa disebut dengan Temu lawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Temulawak biasa tumbuh pada dataran rendah maupun tinggi dan berhabitat di Kawasan tropis. Tanaman ini dengan mudah ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Penanaman temulawak akan lebih baik dilakukan pada saat musim hujan sedangkan waktu panen yang baik saat temulawak berumur 9 – 10 bulan dengan ditandainya daun dan batang yang mulai mengering dan berubah warna menjadi kuning. Waktu panen yang baik dilakukan pada saat musim panas hal ini akan membantu memaksimalkan dari kandungan temulawak.

Temulawak Bubuk

Kandungan rimpang temulawak terdapat zat tepung, minyak asiri yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi dan kurkumin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan selera makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, antimikroba, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.

Banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman ini menjadikan banyak macam olahan yang berbahan dasar dari temulawak, seperti bumbu masakan, jamu, temulawak bubuk, bahan kosmetik dan bahan obat-obatan. Temulawak Bubuk